Home » , » Kamus Istilah Umum Dalam Dunia Per-BlackBerry-an

Kamus Istilah Umum Dalam Dunia Per-BlackBerry-an

Written By Vina Syanti on Minggu, 10 Februari 2013 | 23.26

Kamus Istilah Umum Dalam Dunia Per-BlackBerry-an -

Kamus Istilah Umum Dalam Dunia Per-BlackBerry-an
RIM = Research In Motion, merupakan perusahaan produsen BlackBerry yang berkantor pusat di Waterloo, Ontario, Kanada. RIM didirikan pada tahun 1984.

BB = BlackBerry, adalah merek dagang dari RIM

BBM = BlackBerry Messenger, adalah sebuah aplikasi chatting eksklusif milik BlackBerry

BM = Broadcast Message, adalah pesan yang dikirimkan ke lebih dari satu pengguna yang terdapat pada daftar kontak.

BNIB = Brand New In Box, adalah kondisi dimana sebuah barang (tidak hanya BlackBerry) masih dalam keadaan baru dengan kemasan yang tersegel.

OTA = Over The Air, adalah proses terhubungnya 2 titik (misalnya antara perangkat dengan server) yang secara fisiki tidak terhubung langsung. Istilah ini juga umum digunakan untuk software yang diinstal secara nirkabel menggunakan koneksi data di BlackBerry.

PIN = Personal Identification Number, adalah nomor acak dari RIM sebagai nomor identitas BlackBerry.

DM = Desktop Manager, adalah software yang dapat diinstal pada komputer yang berfungsi sebagai semacam PC Suite khusus untuk perangkat BlackBerry. DM digunakan BlackBerry untuk berkomunikasi dengan komputer dalam melakukan sinkronisasi data. DM juga dikenal dengan istilah BDM (BlackBerry Desktop Manager) atau BDS (BlackBerry Desktop Software).

BBSAK dan BBMCP = BBSAK (BlackBerry Swiss Army Knife) dan BBMCP (BlackBerry Master Control Program) adalah tools atau aplikasi selain Desktop Manager yang bisa digunakan untuk backup aplikasi, wipe/load OS,modifikasi COD dan lainnya.

OS = Operating System (Sistem Operasi) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras (hardware), Untuk smartphone BlackBerry, OS yang digunakan adalah BlackBerry OS, yang terbaru adalah versi 7.1. Sedangkan BlackBerry Playbook menggunakan sistem operasi BlackBerry Tablet yang dikembangkan QNX.

DP = Display Picture, adalah foto profile atau avatar dalam BBM.

PM = Personal Message, semacam status seperti pada Facebook, hanya saja tertampil dalam profil BBM.

Invite = Permintaan pertemanan, dalam Facebook biasa disebut Add.

Accept
= Menerima permintaan pertemanan, semacam Confirm pada Facebook.

Delcont = Delete Contact, menghapus orang lain dari daftar kontak BBM.

Push E-mail = Adalah teknologi untuk menerima atau mengirim e-mail secara langsung (real time) di ponsel BlackBerry, layaknya menerima dan mengirim SMS. Pada Push e-mail, setiap e-mail akan melalui proses compressing dua kali, sehingga ukuran file-nya berkurang hingga 50%.

CrackBerry = Berasal dari kata crack yang berarti kokain dan kata BlackBerry. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan pengguna yang tidak bisa lepas dari BlackBerry-nya (kecanduan).

BIS = BlackBerry Internet Service, adalah layanan data yang diberikan operator khusus untuk perangkat BlackBerry. Beberapa fungsionalitas BB juga hanya dapat digunakan jika pengguna sedang berlangganan BIS.

BES = BlackBerry Enterprise Server, adalah nama dari middleware paket perangkat lunak yang merupakan bagian dari BlackBerry platform dari RIM. BES menghubungkan beberapa perangkat seperti server, desktop dan perangkat mobile dalam sebuah jaringan perusahaan untuk mengarahkan e-mail atau sinkronisasi informasi.

PIN Suspend = Kondisi dimana PIN pada BlackBerry diblock atau suspend karena melanggar ketentuan yang berlaku. Misalnya BlackBerry dengan PIN tersebut dilaporkan hilang atau kecurian. Kasus lain misalnya pemilik BlackBerry dengan PIN tersebut melanggar kontrak dengan operator bersangkutan. Kondisi ini membuat BlackBerry tersebut tidak lagi dapat menggunakan layanan BIS.

OS Official = Sistem operasi untuk Blackberry yang resmi dirilis oleh operator.

OS Leaked = Sistem operasi BlackBerry yang belum resmi atau dalam masa percobaan namun kemudian bocor dan dapat diakses oleh pengguna umum.

HRT = Host Routing Tables, secara sederhana dapat diartikan oleh serangkaian konfigurasi untuk mencocokkian tujuan dan jalur data yang digunakan perangkat BlackBerry agar dapat terhubung ke internet.

SB = Service Book, adalah konfigurasi yang membuat perangkat BlackBerry dapat terhubung dengan infrastuktur layanan BlackBerry. Service Book juga menyatakan layanan yang spesifik untuk perangkat BlackBerry yang digunakan. Keragaman Service Book yang berada pada perangkat BlackBerry.bergantung dari fitur yang disediakan oleh provider layanan wireless (dalam hal ini operator selular dalam layanan BIS) dan IT Policyyang diterapkan oleh perusahaan (layanan BES).

Bricked = Berasal dari kata brick (batu bata), istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi perangkat BlackBerry yang sama sekali tidak berfungsi (mati total) sehingga tidak berbeda dengan sebuah batu bata saja.

Cabut Baterai = Ini adalah istilah yang sangat sering kita dengar di awal-awal penggunaan BlackBerry. Pasalnya, cara ini terbilang satu-satunya cara untuk melakukan restart ponsel BlackBerry dengan cepat dan merupakan solusi jitu ketika BlackBerry mengalami masalah.

Japri = Jalur Pribadi, sebutan lain untuk PM.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Hafalkan istilah-istilah diatas kalau tidak ingin dikatakan BB dummies heheheh
~Source~

Related Post:

Arsip Blog

 
Copyright © 2013. Bripturani - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger